Tips Memilih Asuransi Mobil

Judy Febryano, MBA, ChFC, CFP®, AEPP®, QWP®, CPLHI | @judyfebryano

5 Mins Read


Di artikel sebelumnya, saya menjelaskan mengapa perlu memberikan perlindungan untuk mobil Anda dan beberapa jenis asuransi mobil yang terdapat di Indonesia.

Untuk mendapatkan perlindungan/proteksi apa yang tepat untuk mobil Anda, ada beberapa tips yang dapat dipelajari dalam pemilihan asuransi mobil yaitu:

  • Tentukan jenis perlindungan yang sesuai dengan mobil Anda, apakah All Risks atau Total Loss Only (TLO).
  • Tambahkan perluasan perlindungan, contohnya tanggung jawab kepada pihak ketiga atau Third Party Liabilities. Misalnya, mobil Anda terlibat kecelakaan yang melibatkan mobil lain sehingga menimbulkan kerugian juga pada mobil tersebut, maka tidak usah khawatir untuk membayar ganti rugi karena dengan perlindungan ini pihak asuransi akan menanggungnya sejumlah yang tercantum dalam polis.
  • Bandingkan Produk dan Premi dari beberapa perusahaan asuransi. Semua orang pasti menginginkan produk asuransi terbaik untuk mobilnya. Kalau bisa semua risiko yang mungkin terjadi ter-cover semua oleh asuransi. Oleh karena itu, lakukan perbandingan antara satu produk asuransi dengan produk serupa lainnya sebelum membeli. Cara ini bisa Anda lakukan dengan kemudahan secara online melalui situs pembanding yang menawarkan asuransi mobil. Pelajari penawaran-penawaran menarik yang diberikan oleh perusahaan asuransi guna melindungi mobil Anda nantinya. Pastikan Anda membeli sesuai dengan kemampuan. Jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa memilih asuransi TLO atau asuransi All Risks dengan pertanggungan standar (tanpa perluasan).
  • Pelajari dengan baik proses pengajuan klaim. Pahami semua informasi tentang klaim asuransi mobil Anda secara online. Setiap produk asuransi mobil memiliki prosedur klaim yang jelas dan terinformasikan. Seandainya terjadi sesuatu pada mobil, Anda bisa segera melaporkan hal tersebut kepada pihak asuransi. Jangan menunda-nunda untuk melapor karena batas waktu untuk melapor pada umumnya 3 X 24 jam. Setelah itu siapkan dokumen yang dibutuhkan, Anda hanya perlu menyiapkan SIM, STNK, Polis Asuransi, serta surat keterangan dari kepolisian setempat. Jangan lupa juga untuk melampirkan formulir klaim yang harus diisi dan ditandatangani.
  • Pilih perusahaan Asuransi yang memiliki bengkel rekanan yang luas. Atau jika Anda sudah memiliki bengkel perbaikan body yang terpercaya, Anda dapat menanyakan asuransi apa saja yang menjadi rekanannya.
  • Pilih perusahaan Asuransi dengan kredibiltas yang baik, seperti kemudahan dalam proses klaim. Pahami semua syarat yang tercantum dalam polis, risiko-risiko yang bisa ditanggung atau tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi, biaya yang harus Anda bayarkan (Own Risk). Jangan segan untuk bertanya kepada petugas asuransi apabila masih ada hal-hal yang tidak mengerti

Dalam era digital saat ini tidaklah sulit untuk mencari, membandingkan dan memilih asurasi mobil yang sesuai dengan kondisi kendaraan dan anggaran kita, karena kita bisa melakukan itu semua dengan masuk ke dalam website atau portal yang telah menyediakan berbagai macam informasi baik itu premi, jenis perlindungan, proses klaim (termasuk formulir apa saja yang harus diisi dan ditandatangani) dari berbagai perusahaan asuransi mobil. Walaupun informasi tersaji secara digital, kita tetap bisa menghubungi petugas asuransi untuk meminta penjelasan terhadap informasi yang kita belum mengerti.

Apabila Anda saat ini belum memiliki asuransi untuk mobil Anda, segeralah mengajukan permohonan asuransi. Jangan sampai terlambat karena risiko bisa terjadi di mana pun dan kapan pun. Dan tetaplah teliti sebelum membeli.