Compound Interest ! Cari Tahu Agar Investasimu Maksimal

Deanna H. Maringka, AWP® | @deannahannah_

2 Mins Read


Compound interest atau konsep bunga majemuk (bunga berbunga) adalah perhitungan bunga yang terakumulasi dari pertama kali berinvestasi. Sederhananya, semakin lama uang diinvestasikan, semakin besar pertumbuhan investasi tersebut.

Contoh, hanya dengan mulai berinvestasi seratus ribu rupiah setiap bulan sejak usia 20 tahun dengan asumsi rata-rata tingkat pengembalian (interest rate) tahunan sebesar 5%, maka pada usia 60 tahun investasi kamu akan tumbuh menjadi lebih dari Rp.150 juta

Seperti kata Albert Einstein compound interest adalah keajaiban dunia ke-8. Rahasia untuk memanfaatkan kekuatan compound interest adalah memulai secepat mungkin dan berusaha konsisten dalam investasi. Ingat kata pepatah jaman dulu sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Ini dia, 3 cara mudah memulai investasi yang dapat disingkat menjadi HSK.

1) Hitung.

Hitung berapa biaya impian kamu, kapan akan mencapainya, dan berkomitmen untuk ‘memaksa’ dirimu mencapainya. Kamu bisa gunakan aplikasi OSplan (ditautkan ke link OSplan) untuk menghitung biaya impianmu di masa depan. Tuliskan impian itu (lebih baik lagi jika ada gambar untuk memvisualisasikannya) dan letakkan di tempat yang mudah kamu lihat agar semakin termotivasi.

2) Sisihkan.

Segera sisihkan uang yang kamu dapatkan untuk berinvestasi sebelum membelanjakan untuk keperluan dan keinginan lainnya.

3) Konsisten.

Konsisten dalam berinvestasi penting karena bisa membantu kamu mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Dengan konsisten kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan investasi secara bertahap dan memperkecil risiko kerugian akibat naik-turunnya nilai investasimu.

Segera praktekkan 3 langkah mudah ini dari usia 20-an agar kamu bisa membangun kekayaan yang mencapai tujuan-tujuan keuangan dengan lebih cepat karena melakukan dengan cara yang tepat.