Tim Kami


Profil Tim OneShildt

Tim OneShildt terdiri dari fasilitator dengan lisensi CERTIFIED FINANCIAL PLANNER®, yang berpengalaman dalam melaksanakan in-house training. Mereka juga merupakan praktisi konsultan perencanaan keuangan independen dengan pengalaman puluhan tahun menjalankan coaching program bagi profesi konsultan Perencana Keuangan. Dengan memegang lisensi CFP®, tim OneShildt mendedikasikan dirinya untuk menjalankan tanggung jawab sebagai seorang perencana keuangan dengan memegang kode etik profesi yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.


FOUNDERS OneShildt


“Before you plan your money, you should plan your mind”. Dalam hal keuangan pribadi, banyak individu yang mengalami kesulitan dalam hal yang paling sederhana dan paling dasar. Yaitu, mengelola arus uang masuk dan keluar. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik itu gaya hidup yang tidak seimbang dan boros, keyakinan yang salah tentang uang dan menjadi kaya, impulsive buying, masalah utang, membeli produk investasi yang salah, trauma keuangan dan sebagainya.

Budi Raharjo saat ini berperan sebagai Direktur dan Senior Partner OneShildt Financial Planning, anggota Financial Planning Boards of Standard, Wakil Ketua Financial Planner Association Indonesia, Ketua Independent Financial Planner Club. Financial Planner bersertifikasi CFP® dan QWP® serta AEPP, memegang sertifikasi di bidang hipnoterapi MCHT untuk mendalami kaitan antara keuangan pribadi serta masalah kebiasaan dan pola pikir. Memiliki pengalaman di bidang perencanaan keuangan lebih dari 10 tahun, dan berpendidikan S1 Teknik Mesin di Universitas Diponegoro, Post Grad Diploma in Financial Planning dari Institute of Financial Planner Indonesia. Aktif sebagai konsultan, penulis di media massa, pembicara, narasumber tentang keuangan keluarga, trainer dan mentor untuk program Perencana Keuangan SBM-ITB dan sebagainya. Penulis buku “Mendadak Hemat saat Kepepet (2015)”, “Anti Panik Menghadapi Pernikahan (2017)” dan pengelola Blog “TerapiKeuangam.blogspot.com”. Keahlian utama adalah sebagai konsultan rencana keuangan untuk pensiun, investasi dan manajemen resiko. Kontributor media untuk KONTAN, Liputan6.com, Investor, Jakarta Venue, Sindo TV, Trans 7, Metro TV, Net TV, Bisnis Indonesia, IDX Channel, dan sebagainya.


“Dalam mengelola cash flow Cash is the king. Dalam mengelola pajak, Document is the king.”

Saat ini Andoko menjadi Komisaris dan Senior Partner OneShildt Financial Planning. Berpengalaman lebih dari 10 tahun sebagai praktisi perencana keuangan dan perpajakan, Andoko lulus FISIP UI jurusan Administrasi Fiskal dan S2 Binus Business School. Andokojuga aktif sebagai tenaga pendidik untuk bidang keuangan, pembicara dalam berbagai seminar dan pelatihan baik untuk kalangan umum dan industri keuangan. Andoko menjabat sebagai President Director PT Cerdas Keuangan Indonesia sejak Juli 2014 hingga saatini. Andoko pernah menjadi Ketua Independent Financial Planning Club periode 2011-2013, memberikan pelatihan untuk publik di bidang rencana keuangan dan pendidikan profesi perencana keuangan serta melakukan mentoring (bimbingan) untuk profesional di bidang keuangan yang ingin mengambil sertifikasi CFP®, dan QWP®. Narasumber di berbagai media, baik media cetak, televisi maupun radio seperti NET TV, Indosiar, Bloomberg TV, Liputan6.com okezone.com, Tabloid Kontan, Majalah Investor , Harian Investor Daily, Bloomberg TV dan penulis kolom perencana keuangan di Buletin Media Outsource, Harian Bisnis Indonesia, www.propertimedia.com . Andoko juga pernah mengajar di IPMI Business School, Sekolah Bisnis Manajemen ITB ( SBM ITB ) , IBII. Andoko adalah satu-satunya perencana keuangan yang meraih MURI karena melakukan Talk Show Pertama di kereta berjalan (Bandung – Jakarta) bersama PT KAI dan Harian Kontan pada tahun 2013. Buku yang pernah ditulisnya berjudul“ Manage Your Cash Flow, Manage Your Life “ diterbitkan Gramedia pada tahun 2019.


“Pengelolaan keuangan yang ideal, langgeng, dan terencana akan menjauhkan Anda dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme”

Adalah Chairman dari OneShildt Financial Planning dan seorang praktisi perencanaan keuangan dan asuransi jiwa yang sangat senior dengan pengalaman lebih dari 25 tahun dengan memegang peran utama di berbagai perusahaan asuransi jiwa multinasional, dengan keahlian di bidang Product Development, Pemasaran, Penjualan (khususnya bancassurance dan alternative distribusi pemasaran pada perusahaan asuransi jiwa) serta Government dan Industrial Affair. Ia juga seorang penulis dan sering diminta oleh berbagai penerbitan media sebagai narasumber mengenai perencanaan keuangan di Media Elektronik, Media Cetak dan Media Online seperti Kontan, Bisnis Indonesia, Kompas Minggu, Harian dan Majalah Investor, TV Indosiar, MNC TV, CNBC TV, Kompas TV, Kontan TV, Kompas.com, Kontan co.id, Detik.com, Majalah Good House Keeping, Majalah Tempo, Majalah Sekar, Intisari dan lain-lain . Lulusan dari Sarjana Matematika Aktuaria, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia ini adalah salah satu orang Indonesia pertama yang mendapatkan Gelar Profesional Perencana Keuangan CFP pada tahun 2007 dan kemudian mengaplikasikan ilmu Perencanaan Keuangannya sebagai Wakil Ketua Financial Planning Association Indonesia dalam bidang Promosi dan Pemasaran selama 2 periode. Selain di industri Perencana Keuangan maka beliau juga aktif di Industri Aktuaria sebagai salah satu Ketua Bidang pada Asosiasi Konsultan Aktuaria Indonesia. Beliau juga mencurahkan tenaga dan pikirannya pada Industri Aktuaria Internasional dengan pernah menjabat sebagai Executive Committee di Asia Pacific Association of Consulting Actuarial. Sebelum Pensiun dari bekerja untuk Orang Lain maka beliau mempunyai pengalaman menduduki posisi sebagai Senior Management di perusahaan asuransi Joint Venture Prudential BancBali dan AIG Lippo.


KONSULTAN OneShildt


“Financial Planning is a Family Project”. Perencanaan keuangan keluarga membutuhkan kerjasama yang baik oleh semua anggota keluarga, karena di dalamnya ada satu atau lebih sumber pemasukan namun ada banyak pintu pengeluaran. Kerjasama itu perlu di mulai dari sejak awal pernikahan, mendidik anak dengan literasi keuangan yang baik, hingga perencanaan untuk distribusi kekayaan agar tidak terjadi perebutan harta warisan setelah akhir hayat.

Agustina Fitria atau Fitri merupakan Head of Planning di OneShildt Financial Planning. Fitri mulai bergabung di dunia perencanaan keuangan sejak tahun 2011. Pernah bekerja selama 10 di dunia perbankan, membuat Fitri memiliki pengetahuan yang lebih terkait produk dan jasa perbankan khususnya manajemen risiko. Dengan pengalamannya yang ada, ditambah dengan beberapa sertifikasi profesi yang telah diambilnya, membuat Fitri memiliki keahlian dalam melakukan perencanaan investasi, pensiun, dan proteksi bagi individu dan keluarga. Fitri pernah menjadi narasumber di berbagai event, surat kabar online maupun offline, dan TV swasta. Saat ini, ia aktif memberikan edukasi keuangan secara online.


“Kadang saat kita merasa punya banyak uang bukan berarti kita benar-benar punya banyak uang, melainkan karena kita tidak tahu dengan pasti berapa banyak kebutuhan yang harus kita penuhi. Jadi, sebelum menghabiskan uang yang kamu punya untuk kebutuhan yang tidak begitu penting, coba buat daftar apa kebutuhanmu. Buat skala prioritas dan hitung berapa jumlah nominalnya. Dari situ baru terlihat, apakah kita benar-benar punya banyak uang atau tidak.”

Akrab disapa dengan panggilan Meta, adalah lulusan Manajemen FEUI. Selama empat tahun dibekali ilmu ekonomi konvensional tidak membuatnya puas. Di tahun 2010, Meta melanjutkan kembali studinya ke jenjang S2 yang berhasil ia selesaikan selama kurang lebih dua tahun. Berbeda dengan S1, di tingkat S2 ini Meta mengambil studi tentang Ekonomi dan Keuangan Syariah. Hal ini dilakukan karena keinginan dan ketertarikan dirinya atas ilmu ekonomi syariah yang sedang berkembang. Ketertarikan Meta tidak hanya pada ekonomi syariah, personal finance atau ilmu soal perencanaan keuangan menjadi dunianya. Pengalamannya bekerja di salah satu perusahaan perencana keuangan independen selama lebih dari empat tahun (sebagai Client Relation Officer dan sebagai Researcher), menjadi sarana belajar otodidak bagi dirinya. Hingga di tahun 2014, Meta mengikuti ujian sertifikasi perencanaan keuangan yang diadakan oleh FPSB dan dinyatakan lulus. Gelar sertifikasi yang didapat dijadikan modal awal bagi dirinya untuk mulai berkarier sebagai perencana keuangan independen. Saat ini, Meta bekerja sebagai perencana keuangan atau financial planner di OneShildt Financial Planning (2014 – sekarang). Dengan ilmu ekonomi dan keuangan syariah serta ilmu personal finance yang dimiliki, ia berharap bisa membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat soal perencanaan keuangan agar lebih terarah dan terencana.


“Ilmu perencanaan keuangan pribadi wajib dikuasai oleh semua orang untuk memutus rantai Generasi Sandwich!”

Lusiana Darmawan, S.Kom, CISA, CFP atau akrab disapa dengan panggilan Lusi, adalah lulusan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman bekerja di industri keuangan selama 12 tahun, baik di perbankan maupun asuransi, dengan keahlian di area kepatuhan, audit intern, manajemen risiko, serta manajemen proyek. Ketertarikan Lusi pada ilmu perencanaan keuangan mendorongnya untuk mengikuti kelas persiapan ujian sertifikasi CFP yang diadakan oleh OneShildt Financial Planning. Di awal 2019, Lusi mengikuti ujian sertifikasi perencanaan keuangan yang diadakan oleh FPSB dan dinyatakan lulus. Lusi kemudian memutuskan untuk bergabung menjadi perencana keuangan OneShildt Financial Planning untuk dapat menyebarkan ilmu perencanaan keuangan pribadi kepada masyarakat luas agar dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.


“Dalam dunia modern jarang kita menemukan orang yang tidak punya utang, entah itu utang ke teman, orang tua atau utang ke institusi keuangan seperti utang kartu kredit. Dan yang sering terlupakan adalah utang pajak terutama pajak penghasilan. Padahal utang pajak termasuk utang yang akan ditagihkan ke ahli waris. So jangan lupa untuk memasukan utang pajak dalam list utang anda.”

Sutrisno bergabung bersama OneShildt pada tahun 2014 sebagai fasilitator Perencanaan Pajak dan bertindak sebagai Komisaris di PT. Padma Radya Aktuaria sejak 2009 (sebuah sister company OneShildt Financial Planning). Memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun sebagai auditor independen dalam Kantor Akuntan Publik. Dengan latar belakang pendidikannya di bidang Akuntansi dan Auditor Laporan Keuangan ia juga terus aktif dalam berbagai seminar dan pelatihan di bidang Perpajakan untuk selalu mendapatkan perkembangan terbaru. Ia mendapat gelar Master of Accounting yang mengasah nya pengetahuan mendalam tentang Laporan Keuangan.


“Ada 5 M yang penting harus Anda pegang jika ingin sukses keuangan yakni : Mindset (Pengelolaan Pikiran Kaya), Motions (Pengendalian Hasrat Belanja), Money (Penciptaan Arus Kas), Manage (Mengalokasikan Anggaran Keuangan) dan Multiply (Melakukan Investasi).”

Erlina telah berkecimpung di dunia perencanaan keuangan sejak tahun 2012. Sampai saat ini masih konsisten dan aktif dalam kegiatan komunitas Cerdas Keuangan yang punya tujuan untuk membuat setiap orang cerdas dalam mengelola keuangan dan punya solusi atas masalah keuangan yang dihadapi. Lulus dari Universitas Indonesia jurusan Administrasi Fiskal, Erlina meneruskan gelar Master of Management di UPN Veteran Jakarta, mengambil jurusan Finance Management setelah sebelumnya bekerja selama 5 tahun di PT. Indo Tambangraya Megah, Tbk sebagai Tax Supervisor.
Saat ini Erlina memilih kesibukan sebagai Perencana Keuangan dan mengelola komunitas Cerdas Keuangan dengan sesekali menjadi fasilitator Financial Planning Class dan CFP Preparation Class.
Narasumber di beberapa online class, tabloid, dan media TV seperti CNBC Indonesia TV, Net TV, DAAI TV, MY TV, serta menulis buku: Financial Stories, Money Mindset to Action, dan Smart Mom’s Financial Stories. Berbekal pendidikan formal, sertifikasi profesi dan pengalamannya di komunitas, membuat Erlina memiliki keahlian dalam melakukan edukasi perencanaan keuangan, perencanaan pajak, dan investasi untuk semua kalangan.


“Mendapatkan tempat tinggal yang cocok dengan kebutuhan, kondisi, dan profil adalah langkah awal menciptakan kondisi keuangan yang baik.”

Noordiyanto A. Yuwono. SE. CFP. QWP telah menjadi anggota dari PT. Shildt sejak 2012. Dengan pengalaman di Bank Yakin Makmur (Yama Bank) dan terakhir di Badan Penyehatan Perbankan Indonesia (BPPN) pada Divisi Asset Disposal dan pernah menjadi Agent Properti di Kantor Era Champion serta memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam industri real estate serta investasi properti.


“Perencanaan keuangan keluarga adalah seni untuk merencanakan tujuan keuangan, setiap keluarga memiliki desain berbeda yang harus disesuaikan dengan tujuan keuangan di masa yang akan datang. Merencanakan bukan hanya berarti berhemat saat ini, tapi bagaimana membuat uang bekerja, melestarikan aset memproteksi, mengakumulasi, dan mendistribusikan harta. Semuanya diawali dengan membuat manajemen arus kas untuk keluarga dan neraca keuangan keluarga ,agar semua tujuan keuangan dapat tercapai.”

Aziza Fitriani saat ini merupakan salah satu fasilitator di One Shildt Financial Planning dan Mentor AWP Certification. Dengan bekal sertifikasi financial planner yang dimiliki yaitu CFP, QWP, AWP, dan AEPP, serta mengawali karirnya sebagai seorang Trainer sejak tahun 2010 sampai dengan awal tahun 2019 di beberapa perusahaan asuransi yaitu MNC Life, BNI Life, Manulife dan terakhir di Sun Life Financial Indonesia Syariah sebagai Head of MDRT & Activation yang bertanggung jawab penuh atas pertumbuhan angka MDRT setiap tahunnya serta program MDRT secara keseluruhan di Sun Life Financial Indonesia Syariah.Berpengalaman juga dalam mengisi training untuk Employee, Distribusi Agency, dan Bancassurance, juga dalam beberapa kali kesempatan mengisi training di Perbankan untuk kelas ODP dan Bank Staff.Mengajar seluruh materi di perusahaan Asuransi untuk para sales force, terutama dalam bidang financial planning seperti bagaimana cara mengelola keuangan, Habiskan saja “INCOME” mu, perencanaan pensiun, perencanaan Pendidikan, fundamental of investment, estate planning dan juga Training Service Excellent for Customer.


“Kebutuhan hari tua bisa sama besar dengan kebutuhan saat ini, namun tidak demikian dengan pendapatan. Karena itu kelola kekayaan dengan benar, dahulukan kebutuhan dan persiapkan hari tua.”

Agus Galihpurbajati adalah lulusan matematika dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan merupakan konsultan Aktuaris yang memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun. Menekuni ilmu Perencanaan Keuangan sejak tahun 2015 telah memperkaya wawasan dan kompetensi yang dimilikinya. Agus bergabung bersama OneShildt pada tahun 2016 sebagai fasilitator.


“Konsistensi dan kendali diri bisa mengalahkan segala risiko investasi, namun tidak ada investasi yang lebih baik dibandingkan dengan investasi yang telah direalisasikan.”

Uji Agung Santosa, lahir di Bantul Yogyakarta pada 7 Mei 1981. Setelah lebih dari 12 tahun berkarier sebagai jurnalis bidang ekonomi di beberapa media cetak dan media online seperti Harian Kontan, Jurnal Nasional, Monitor Depok, dan Tabloid Otomotif, Uji Agung Santosa akhirnya memutuskan diri untuk berkecimpung lebih dalam sebagai praktisi keuangan.
Menyelesaikan gelar sarjana sosial di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) pada tahun 2004, Uji Agung kembali ke bangku kuliah pada tahun 2009 dan menyelesaikan gelar magister ekonomi di Magister Perencanaan Kebijakan Publik (MPKP) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada tahun 2011. Sedangkan gelar Certified Financial Planner (CFP) dari Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia (FPSB) diperoleh pada tahun 2019.
Selama menjadi jurnalis hingga menduduki jabatan sebagai Redaktur Pelaksana (Redpel) di Harian Kontan, Uji Agung Santosa kerap mengikuti berbagai lomba menulis dan jurnalistik. Beberapa capaiannya antara lain, juara pertama kategori menulis pada Kompetisi #HACKJAK 2016 Open Data Challenge 2016 yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta dengan judul ”Menyisir Data, Mencari Biang Keladi Kemacetan Ibu Kota”.
Juara Harapan III Lomba Karya Tulis Jurnalistik Tingkat Nasional Kementerian ESDM tahun 2016 bertema Membangun Kedaulatan Energi Untuk Kemakmuran Negeri. Judul tulisan ”Energi Angin dan Surya Hidupkan Ekonomi Masyarakat Pesisir”. Pemenang Beasiswa Peliputan Investigasi AJI Jakarta dengan tema, “Membongkar Hambatan Aksesi FCTC, Menyehatkan Indonesia” tahun 2016.
Pemenang hibah bersaing Media dan Perubahan Iklim dari Kementerian PPN/Bappenas dan Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) pada Oktober 2014 untuk tulisan reportase ”Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian dan Dampaknya Bagi Perubahan Iklim”.
Saat ini, selain berperan sebagai Senior Financial Planner di OneShildt Financial Planning, Uji Agung Santosa juga bekerja sebagai Financial Content Strategist di salah satu perusahaan e-commerce terbesar Indonesia. Uji Agung juga meluangkan waktu menjadi dosen di Univesitas Multimedia Nusantara (UMN) untuk mata kuliah Business Journalism.