Perlindungan Terbaik Untuk Mobil Anda

Judy Febryano, MBA, ChFC, CFP®, AEPP®, QWP®, CPLHI | @judyfebryano

5 Mins Read


Sering sekali kita mendengar bahkan mengalami apa yang disebut risiko. Untuk dapat mengendalikan sebuah risiko kita harus memahami dulu apa itu risiko dan bagaimana cara mengendalikannya. Secara sederhana risiko diartikan sebagai segala kemungkinan yang bisa terjadi dan menimbulkan dampak berupa kerugian. Dalam hidup, risiko adalah hal yang selalu dihadapi oleh manusia. Oleh karenanya, manusia butuh sesuatu yang dapat meminimalkan kerugian yang terjadi.

Asuransi adalah satu metode mengendalikan risiko. Asuransi berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian finansial. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang salah satu jenis Asuransi Kerugian yang juga sangat dibutuhkan masyarakat yaitu Asuransi Mobil.

Memiliki asuransi kendaraan bagi sebagian orang masih dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting. Mereka menganggap tidak ada gunanya mengasuransikan mobil kesayangan mereka. Atau ada yang berpendapat bahwa jika mobil dikendarai dengan cara hati-hati, maka kemungkinan adanya kecelakaan tidak akan terjadi. Mitosnya, cara klaim asuransi mobil itu sulit, prosedurnya berbelit-belit hingga dana yang dibutuhkan cair.

Namun semua anggapan itu tidak benar, sebab Anda harus paham jika asuransi mobil itu memiliki banyak manfaat yang menguntungkan. Asuransi mobil tidak hanya sebatas alat ganti rugi jika terjadi kecelakaan, akan tetapi juga sebagai investasi perawatan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, maka semua risiko tersebut dapat diminimalisir karena banyak sekali perluasan perlindungan menarik yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi All Risks (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risks menanggung semua risiko, sementara asuransi TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja dan kehilangan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi. Agar tak salah pilih, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi mobil yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki. Selain All Risks dan TLO, jenis asuransi mobil lainnya adalah asuransi mobil gabungan (All Risks dan TLO), asuransi mobil perluasan/rider (jaminan perluasan banjir dan angin topan, jaminan perluasan gempa bumi dan tsunami, jaminan perluasan huru-hara atau kerusuhan, jaminan perluasan terorisme dan sabotase, jaminan perluasan tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL), jaminan perluasan kecelakaan diri penumpang, jaminan perluasan tanggung jawab hukum terhadap penumpang).

Bagaimana tips memilih asuransi mobil sesuai kebutuhan Anda? Simak ulasannya di artikel selanjutnya.