Bijak Memanfaatkan Aplikasi Saat Pandemi

Erlina Juwita, MM, CFP®, CSA®, QWP® | @erlrights

5 Mins Read


Saat pandemi, tidak sedikit kita temukan aplikasi yang menawarkan berbagai kemudahan, mulai dari kemudahan belanja, berinvestasi, bekerja, belajar hingga aplikasi yang menawarkan uang (instant cashflow). Saat bicara aplikasi instant cashflow ini, mungkin yang terbayang di benak Anda adalah: lumayan nih, buat tambahan pendapatan. Tapi apakah benar, aplikasi ini benar-benar bermanfaat? Atau justru membuang waktu Anda yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih produktif?

Jika Anda cermati saat ini, begitu banyak tawaran dari aplikasi yang menawarkan koin ketika Anda rutin masuk ke aplikasi tersebut dan menonton video maupun melakukan kegiatan lainnya. Kalau dihitung-hitung, sebenernya  koin yang didapat tidak seberapa, tapi justru dapat membuang waktu Anda. Hati-hati jika Anda termasuk orang yang menjadikan aplikasi ini sebagai media untuk memperoleh pendapatan sampingan secara instan. Ketika pengguna menjadi kecanduan sehingga lupa waktu, mengakibatkan pekerjaan utama Anda menjadi tidak maksimal. Ketimbang hanya mengandalkan aktivitas pasif, lalu mengharapkan imbalan itu rugi waktu, lebih baik melakukan hal yang lebih produktif.

Budaya menonton lalu dapat poin, jangan sampai dijadikan budaya baru, atau bahkan dijadikan profesi. Pertama, jelas akan menghabiskan waktu Anda, kedua ada potensi hoaks atau ketidakbenaran informasi yang akan Anda terima, ketiga tentu saja dapat mengancam keamanan data yang Anda miliki di dalam ponsel.

Jadi, semakin kita sadari bersama bahwa dalam penggunaan aplikasi itu harus bijak. Kita harus menentukan apakah ingin dimanfaatkan aplikasi atau justru aplikasi itu bermanfaat untuk kita. Jadi, daripada dimanfaatkan aplikasi, lebih baik Anda install aplikasi yang dapat membantu meringankan masalah keuangan seperti aplikasi dari OneShildt yang segera launching. So, stay tune informasinya terus di website ini ya!