Beli atau Sewa Rumah?

Noordiyanto A. Yuwono CFP®, QWP® | @noordiyantoassari

5 Mins Read


Rumah adalah salah satu kebutuhan terpenting dalam kehidupan manusia karena setiap orang memerlukan suatu tempat yang nyaman untuk beristirahat dan membina rumah tangga.

Namun untuk membeli sebuah rumah membutuhkan biaya yang besar, meskipun telah dibantu dengan pembiayaan dari bank berupa KPR apalagi jika rumah yang diinginkan berlokasi di daerah strategis dan lengkap fasilitasnya. Alternatif lain yang dapat dipertimbangkan sebagai tempat tinggal adalah dengan cara menyewa rumah secara bulanan atau tahunan.

Beberapa pertimbangan atas rencana beli rumah atau sewa rumah antara lain:

  1. Membeli rumah dapat meningkatkan status sosial, terutama jika di lokasi yang strategis, tetapi itu semua harus dibayar dengan biaya yang tidak murah (membeli secara tunai, maupun menyiapkan uang muka dan membayar bunga KPR). Anda dapat melakukan simulasi KPR dengan kalkulator ini.
  2. Membeli rumah merupakan salah satu jenis investasi karena dapat mendatangkan dua sumber keuntungan yaitu kenaikan harga rumah jika dijual dan pendapatan rutin jika disewakan. Untuk itu Anda harus memilih lokasi yang strategis dan banyak peminatnya, agar cepat laku saat akan dijual atau banyak potensi penyewa.
  3. Rumah dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman bank atau lembaga keuangan, jika sewaktu-waktu membutuhkan dana. Jumlah dana yang bisa diperoleh sangat bergantung pada nilai rumah dan kemampuan membayar cicilan agar bisa dibayar dengan lancar sesuai jangka waktu pinjaman.
  4. Rumah dapat dijadikan harta waris kepada keluarga saat pemilik rumah meninggal dunia, tetapi perlu dilakukan pengaturan waris (estate planning) sejak awal agar tidak menjadi sengketa dalam keluarga.
  5. Biaya untuk menyewa rumah lebih terjangkau, tetapi tidak memiliki nilai investasi. Dan jika menyewa dalam jangka panjang akan menjadi biaya yang besar, termasuk dengan kenaikan biaya sewa.
  6. Menyewa rumah dapat menghemat biaya yang biasanya timbul atas pembelian rumah, seperti: biaya pembelian, biaya KPR, pajak jual beli, PBB yang dibayarkan setiap tahun karena merupakan tanggungan pemilik.
  7. Menyewa rumah dapat lebih leluasa dalam memilih lokasi yang diinginkan mengingat biaya yang tidak terlalu besar, tetapi jika sewa tidak diperpanjang akan menimbulkan biaya pindah dan harus mencari rumah sewa lagi.

Jadi, apakah Anda akan membeli rumah atau menyewa rumah? Silakan disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, dan rencana Anda bersama keluarga.