Mau Nikah? Ini Rincian Biaya Nikah dan Tips Mempersiapkannya

Uji Agung Santosa, M.E, CFP® | @adaagung

10 Mins Read


Menikah adalah satu prosesi paling sakral dalam hidup. Anda tentunya berharap hanya menjalaninya satu kali resepsi pernikahan bersama pasangan. Itulah sebabnya menikah dan pesta pernikahan perlu dipersiapkan matang dan terperinci, termasuk juga besarnya biaya nikah yang harus ditanggung. 

 

 

Apalagi membahas soal biaya nikah sering memicu perdebatan dengan pasangan dan orang tua. Perbedaan konsep resepsi pernikahan, hingga berapa banyak undangan pernikahan, bisa menjadi alasannya. Apalagi perbedaan-perbedaan itu berpengaruh pada biaya nikah. 

Bagi Anda yang beruntung dan punya banyak rezeki, besarnya biaya nikah mungkin bukan masalah. Akan tetapi, bagi sebagian besar masyarakat, mempersiapkan biaya nikah adalah perkara besar sehingga harus direncanakan dengan baik. Perencanaan menjadi kunci agar pesta tidak berubah menjadi bencana.

 

Inilah besaran biaya nikah yang harus Anda dan pasangan persiapkan, belum termasuk untuk pernikahan dengan adat daerah masing-masing:

  • Biaya sewa gedung dan katering
  • Biaya sewa gedung dan katering biasanya menjadi hal yang paling banyak menyedot anggaran biaya nikah. Bahkan bisa jadi 50% biaya nikah untuk membayar hal ini. Mengapa? Sebab, Anda tentu ingin membuat resepsi pernikahan berkesan dengan dekorasi gedung yang mewah dan makanan yang enak. Jangan sampai dua hal ini menjadi bahan gosip dan nyinyiran tetangga.

    Apalagi biasanya pesanan katering dua kali lipat dibandingkan tamu yang diundang. Intinya semakin mewah gedung pernikahannya dan semakin enak sajian makanannya, maka semakin mahal pula biaya nikah yang harus dipersiapkan.

  • Biaya membuat undangan, souvenir, MC, musik, hantaran, dan dokumentasi
  • Setelah tanggal pernikahan dan gedung sudah dipastikan, maka Anda perlu memikirkan pembuatan undangan, membeli suvernir sesuai jumlah udangan, perlu tidak acara hiburan organ tunggal, MC, atau music, termasuk dokumentasi. Dokumentasi juga bisa dibagi dua, dokumentasi prewedding dan pada saat resepsi berlangsung atau wedding.

  • Busana pengantin, makeup, dan bridesmaid
  • Besarnya biaya nikah untuk pos ini sebenarnya sangat tergantung dari putusan Anda

    dan pasangan. Rinci siapa-siapa saja yang akan menjadi pendamping pernikahan, untuk resepsi, akad nikah, dan prosesi lain. Intinya semakin banyak orang yang terlibat, maka akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

  • Biaya penghulu, mahar, seserahan, dan cincin kawin
  • Biaya resmi pernikahan oleh penghulu adalah sekitar Rp600.000, sementara kalau nikahnya di KUA seharusnya gratis. Tapi sebelum ke penghulu, ada baiknya Anda dan pasangan melakukan tes kesehatan sebagai persyaratan menikah.

  • Biaya transportasi dan biaya darurat
  • Banyak pasangan atau panitia pesta pernikahan yang melupakan biaya transportasi. Biaya ini penting untuk dipersiapkan terutama yang jarak rumah dengan gedung berjauhan.

    Akan lebih baik memilih gedung pernikahan yang menyiapkan kamar sebagai komplemen. Walau begitu Anda tetap harus menyiapkan transportasi buat seserahan dan antar jemput keluarga. Oh ya, tetap siapkan dana darurat sekitar 10% dari total biaya nikah ya, supaya aman. 

  • Biaya Wedding Organizer
  • Jasa wedding organizer (WO) diperlukan bagi Anda yang tidak mau ribet mengurus keperluan resepsi pernikahan sendiri. WO menawarkan jasa mulai konsep, gedung, dekorasi hingga katering. Pastikan Anda melihat track record WO, jangan sampai tertipu dengan menyewa WO abal-abal. Untuk biaya jasa WO biasanya sekitar 10% dari total biaya acara pernikahan.

 

Itulah sejumlah hal yang perlu Anda persiapkan untuk mewujudkan pesta pernikahan sesuai impian. Besar dan kecilnya biaya nikah akan tergantung dari konsep awal pernikahan yang akan Anda lakukan. Besarannya bisa berbeda tergantung jumlah undangan, lokasi gedung, dan lainnya.

Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan pernikahan mewah nan sempurna. Untuk di Jakarta, paket biaya menikah mewah tidak cukup hanya dengan uang Rp100 juta. Dari sejumlah situs yang membahas pernikahan, paket harga untuk pernikahan mewah mulai dari Rp150 juta sampai miliaran. Untuk memperkirakan total kebutuhan biaya pernikahan Anda bisa simulasikan di sini.

Lalu bagaimana untuk mencapai nilai tersebut? Perencanaan keuangan dan persiapan matang perlu dilakukan. Salah satunya dengan menabung atau berinvestasi. Pilihan investasi yang sesuai akan mempengaruhi apakah target yang Anda tetapkan akan tercapai pada waktunya atau tidak. Jadi jangan sampai salah pilih!