Perencanaan Keuangan yang Matang
untuk Masa Depan yang Mapan

Agustina Fitria Aryani, CFP®, QWP®, AEPP | @afitria_cfp

10 Mins Read


 

 

Umumnya seseorang baru menyadari pentingnya melakukan perencanaan terutama untuk dana pendidikan anak, karena itu sesuatu yang merupakan kepastian segera setelah anak lahir. Padahal, melakukan perencanaan keuangan sejak awal memperoleh penghasilan adalah langkah yang bijak karena :

  1. Dapat mempersiapkan diri menghadapi kondisi darurat seperti kehilangan penghasilan karena PHK, sakit, cacat, bisnis bangkrut, bencana alam karena dana darurat telah tersedia.
  2. Dapat memperoleh fasilitas kesehatan yang memadai untuk pengobatan sehingga segera sehat dengan biaya yang terjangkau dan dapat segera beraktivitas produktif.
  3. Dapat leluasa memilih model pendidikan yang sesuai dengan visi orang tua dan minat anak karena dana pendidikan hingga perguruan tinggi telah dipersiapkan sejak anak lahir.
  4. Dapat mempunyai tempat tinggal yang layak minimal untuk keluarga inti dan berlokasi sesuai dengan tempat aktvitas bekerja dan belajar karena telah mempersiapkan uang muka (DP) KPR yang cukup dengan cicilan KPR yang mampu dibayar.
  5. Dapat mempersiapkan liburan yang nyaman tanpa kuatir terlilit utang sepulang liburan karena telah membuat perencanaan dana liburan dengan baik.
  6. Dapat menikmati hari tua yang sehat, bahagia, dan sejahtera karena telah menyiapkan dana hari tua dan dana kesehatan yang mencukupi dengan berinvestasi segera setelah mendapat penghasilan (dari bekerja atau usaha)
  7. Dapat memberikan harta waris yang cukup untuk para ahli waris tanpa masalah sengketa dan dengan biaya seminimal mungkin.

 

Jadi segeralah memulai membuat rencana keuangan agar masa depan keluarga Anda lebih mapan.

Sebelum membuat rencana keuangan, cek  kondisi kesehatan  keuangan Anda di sini.