3 Hal Penting Sebelum Memulai Investasi

Rahma Mieta Mulia, SE, M.Si, CFP® | @rahmamieta

10 Mins Read


Investasi merupakan hal yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda miliki. Namun, sebelum memulainya, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal berikut agar investasi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

 

 

Pertama, kenali kelemahan diri Anda dalam hal mengelola uang, sehingga Anda bisa mengakalinya. Jika Anda termasuk tipe yang boros, gunakan saja fasilitas autodebit untuk menabung, berinvestasi atau membayar tagihan bulanan.Ini akan membuat Anda lebih disiplin sebelum uangnya Anda gunakan untuk pengeluaran lain yang tidak begitu penting.

Kedua, kenali profil risiko Anda, yaitu kesiapan Anda menerima risiko dalam berinvestasi.Ini perlu dilakukan karena risiko adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Berinvestasi di produk yang tidak sesuai dengan profil risiko Anda,akan menimbulkan kekhawatiran saat performanya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

Ketiga, tetapkan tujuan keuangan Anda yang spesifik, baik dalam waktu pencapaian maupun besarnya dana yang Andabutuhkan.  Tujuan keuangan yang spesifik akan membantu Anda dalam menentukan produk investasi apa yang sesuai, serta membuat Anda lebih fokus untuk mencapainya.

 

Jadi, siapkah Anda berinvestasi?

Ingin langsung mengetahui kebutuhan investasi Anda?  Silakan klik di sini.