Alasan Perlunya Menyiapkan
Dana Hari Tua Sejak Dini

Rahma Mieta Mulia, SE, M.Si, CFP® | @rahmamieta

10 Mins Read


Anda pernah dengar istilah “generasi sandwich”?

Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan generasi yang dihimpit oleh kewajiban membiayai hidup generasi sebelumnya (orang tua) dan sesudahnya (anak-anak). Sebab munculnya generasi ini adalah tidak matangnya persiapan pensiun, sehingga saat tua, mautidakmau, orang tua harus bergantung hidup dengan anaknya secara finansial. Salah satu tujuan dari perencanaan keuangan adalah memutus“generasi sandwich” ini menjadi orang tua yang mandiri finansial, dengan cara menyiapkan dana hari tua dari dari sekarang.
 

 

Mungkin bagi Anda, terutama jika Anda masih dalam usia muda, menyiapkan dana hari tua belum menjadi prioritas. Namun, jika Anda mengetahui besarnya dana yang dibutuhkan saat pensiun nanti, bisa saja Anda berubah pikiran.

 

Misalnya saja, kalau Anda saat ini berusia 30 tahun dengan biaya hidup Rp5juta per bulan dan berencana pensiun di usia 55 tahun, maka Anda harus menyiapkan dana hari tua sebesar Rp7,8miliar*). Jika Anda baru mengumpulkan saat usia Anda 45 atau 50 tahun hal itu tentu sulit bagi Anda. Namun, jika Anda langsung memulainya, angka tersebut tidak mustahil untuk Anda capai.

 

Jadi, tunggu apalagi. Mulailah berinvestasi sedini mungkin untuk hari tua Anda yang menyenangkan.

Ingin langsung mengetahui kebutuhan dana hari tua Anda?  Silakan klik di sini.

 

*)asumsi inflasi 7%, usia harapan hidup 75 tahun.