Liburan Seru dengan Rencana Matang

Lusiana Darmawan, S.Kom, CISA, CFP® | @lusianadarmawan

10 Mins Read


Merencanakan liburan adalah aktivitas paling menyenangkan untuk dilakukan. Tentunya akan lebih menyenangkan lagi jika dapat merencanakannya dari jauh hari sehingga Anda memiliki dana yang mencukupi dan tidak mengganggu arus kas apalagi sampai harus berutang. Jangan sampai saat selesai liburan, Anda masih ada kewajiban untuk membayar cicilan tiket pesawat dan hotel.

 

 

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan dana liburan:

  1. Tentukan lokasi tujuan liburan. Diskusi bersama anggota keluarga untuk menyepakati lokasi tujuan liburan yang menyenangkan buat semua. Apakah Anda akan berlibur di dalam negeri atau di luar negeri?
  2. Rencanakan waktu yang tepat kapan akan berangkat liburan dan berapa lama anda akan berlibur. Cari tahu waktu/bulan terbaik untuk mengunjungi destinasi wisata impian, misal: cuaca terbaik atau waktu saat tidak terlalu ramai wisatawan, agar Anda dapat menikmati liburan dengan maksimal. 
  3. Jika Anda memilih waktu liburan saat off-peak season, Anda dapat menghindari tingginya harga tiket transportasi dan akomodasi. Namun, waktu liburan tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Bagi yang berkeluarga dan memiliki anak, waktu liburan biasanya disesuaikan dengan waktu liburan sekolah anak, yang sayangnya merupakan peak season. Bagi yang belum memiliki tanggungan, tentunya memiliki fleksibilitas untuk memilih waktu liburan, tentunya selama cuti Anda disetujui oleh atasan Anda 🙂

  4. Mulailah menyusun anggaran liburan. Perkirakan biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing pos, antara lain:
    • Pembuatan Visa (jika negara yang dituju membutuhkan Visa).
    • Asuransi perjalanan.
    • Transportasi (pulang pergi dari tempat tinggal Anda ke kota/negara tujuan, pulang pergi stasiun/bandara – hotel, transportasi dalam kota, transportasi antar negara jika bepergian misalkan ke Eropa dan ingin mengunjungi beberapa negara).
    • Akomodasi (hotel, sewa rumah/apartemen).
    • Tiket masuk tempat wisata.
    • Konsumsi (makan dan minum). Jika Anda memilih untuk menginap di apartemen/rumah dengan dapur, Anda dapat melakukan kegiatan memasak sehingga memerlukan anggaran groceries (yang dapat menghemat pengeluaran makan di restoran/kafe).
    • Belanja.
    • Oleh-oleh.
    • Biaya tak terduga/dana darurat selama liburan.
  5. Setelah mengetahui estimasi total biaya liburan, bagi total biaya tersebut dengan jumlah bulan dari saat Anda mulai mengumpulkan dana liburan hingga tanggal keberangkatan. Anda akan memperoleh jumlah dana yang perlu Anda sisihkan setiap bulan. Pastikan besar dana tabungan liburan ini tidak mengganggu pengeluaran untuk kebutuhan hidup dan kewajiban serta untuk investasi demi tujuan keuangan lain yang prioritasnya lebih tinggi, seperti: dana pendidikan anak. Opsi yang dapat Anda lakukan agar dana tabungan liburan sesuai dengan kemampuan finansial adalah mengganti destinasi liburan yang sesuai anggaran atau menunda waktu keberangkatan liburan.

Segera hitung persiapan liburan impian anda dengan Kalkulator Dana Liburan di sini.